Vol. 3 (2022): Proceedings of the 1st SENARA 2022
Articles

Compatarative Study Of The Strategy For Expanding The Membership Of The Health Social Security Administering Institution: Studi Komparatif Strategi Perluasan Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

Ilmi Usrotin Choiriyah
Monicha Puspitasari
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Isnaini Rodiyah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Hendra Sukmana
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Published July 20, 2022
Keywords
  • Strategi,
  • Perluasan Kepesertaan,
  • BPJS Kesehatan
How to Cite
Choiriyah, I. U., Puspitasari, M., Rodiyah, I., & Sukmana, H. (2022). Compatarative Study Of The Strategy For Expanding The Membership Of The Health Social Security Administering Institution: Studi Komparatif Strategi Perluasan Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1065 - 1073. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.199

Abstract

BPJS Kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai implementor program JKN memiliki target perkembangan kepesertaan perorangan maupun badan usaha. Cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di akhir tahun 2021 masih mencapai 86% meskipun memasuki tahun kedepalan pelaksanaan. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk memperluas cakupan kepesertaan, saluran pendaftaran dan pembayaran. Strategi telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan sosialisasi langsung dan tidak langsung. Sosialisasi langsung dilakukan dengan forum diskusi, seminar, serta komunikasi kelompok yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan melalui pegawai dan kader-kadernya. Sosialisasi ini bermaksud untuk menyampaikan informasi yang lebih lengkap dibandingkan komunikasi melalui media massa. Sosialisasi tidak langsung dapat dilakukan di media massa dengan tujuan untuk menyentuh semua kalangan, baik tua dan muda, peserta PBI dan Non PBI secara cepat, serentak, heterogen, tersebar luas di berbagai tempat dan mampu mencapai pembaca dalam jumlah besar. Namun ditemukan hambatan dalam penerapan strategi tersebut, yaitu kurangnya sosialisasi, ketidak-patuhan masyarakat dalam membayar iuran tepat waktu, tidak adanya sanksi yang tegas bagi masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta, terjadinya penolakan terhadap kelas terendah, kurangnya koordinasi dengan Dinas Sosial, dan Kader BPJS yang kurang merata. 

References

1. Indonesia. Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan. 1 Indonesia; 2014.
2. Indonesia. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. 40 Indonesia; 2004.
3. Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 24 Indonesia; 2011.
4. Lidwina A. Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Capai 222,5 Juta Orang hingga 2020 [Internet]. Databoks. 2021 [cited 2021 Dec 28]. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/06/jumlah-peserta-bpjs-kesehatan-capai-2225-juta-orang-hingga-2020
5. Kusnandar VB. 10 Provinsi dengan Angka Kepemilikan Jaminan Kesehatan Terendah Nasional pada 2021 [Internet]. Databoks. 2021 [cited 2021 Dec 28]. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/24/10-provinsi-dengan-angka-kepemilikan-jaminan-kesehatan-terendah-nasional-pada-2021
6. Maryuni S, Pardi P, Eka A. STRATEGI IMPLEMENTASI PROGRAM PERLUASAN KEPESERTAAN BPJS KESEHATAN DI KABUPATEN KUBU RAYA PROVINSI KALIMANTAN BARAT. J Adm Publik dan Pembang. 2020;1(2).
7. Pepbrian A. STRATEGI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI KABUPATEN SIAK. JOM FISIP Vol 6 Ed I Januari –Juni 2019. 2019;6(I):1–13.
8. Randolph J. A guide to writing the dissertation literature review. Pract Assessment, Res Eval. 2009;14(1):13.
9. Tasrif T. STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KESEHATAN BIMA DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN). J Komun dan Kebud. 2016;3(1):80–95.
10. Putri ML. Strategi Public Relations Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pusat Dalam Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah;
11. Hidayat T. Strategi Pemasaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Lubuk Pakam dalam Meningkatkan Kepesertaan Non PBI di Serdang Bedagai. 2020;