Digitalization as a MSME Development Strategy in Kalidawir Village
Digitalisasi sebagai Strategi Pengembangan UMKM di Desa Kalidawir
Abstract
UMKM Desa Kalidawir masih belum banyak yang mengenal penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital marketing. Karena masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2022 yang mengangkat tentang pemanfaatan teknologi digital sebagai alat pengembangan UMKM, diharapkan dapat membantu masyarakat yang ada di Desa Kalidawir untuk meningkatkan penjualannya. Kegiatan dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu pendataan jumlah UMKM, sosialisasi dan pelatihan UMKM, pendampingan digital marketing. Hasil dari pelatihan E-Commerce dan pembukuan online dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain pelatihan E-Commerce dan pembukuan online, tim pengabdian kepada masyarakat juga berkolaborasi bersama Bank BRI Sidoarjo dalam pembuatan QRIS dan pembuatan rekening BRImo.
References
Pengabdian Magister Pendidikan IPA J, jupri A, herlembang B, Anggiri jauzy ariyansyah M, Yolanda Ika Anggari B, Rozi T, et al. under a Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 license. Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk Umkm Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam. 2021; Available from: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.931
Seminar Nasional Pengabdian Masyrakat LPPM UMJ Website:http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat E-ISSN: 2714-6286 [Internet]. Available from: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Sri Nurkomala Wulan Sari A, Rahmawati R. MADDANA : Jurnal Pengabdian kepada masyarakat Optimalisasi digital marketing untuk pengembangan UMKM dan sosialisasi pencegahan Covid-19 pada masyarakat Tarumajaya [Internet]. Vol. 1. 2020. Available from: http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/index
Copyright (c) 2022 Elvina Arganni, Adinda Chamilia Mishani, Rizka Aminanti Zanna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.