Vol. 3 (2022): Proceedings of the 1st SENARA 2022
Articles

Improving Drawing Skills through Lettering Techniques for Kindergarten Teachers Aisyiyah 7 Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo: Meningkatkan Kemampuan Menggambar melalui Teknik Huruf pada Guru TK Aisyiyah 7 Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo

Choirun Nisak Aulina
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Tri Linggo Wati
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Agus Salim
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Shinta Ayu Rahmawati
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Erika Laila Fauzia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Published July 17, 2022
Keywords
  • menggambar teknik huruf,
  • guru TK,
  • Taman Kanak-kanak
How to Cite
Aulina, C. N., Wati, T. L., Salim, A., Rahmawati, S. A., & Fauzia, E. L. (2022). Improving Drawing Skills through Lettering Techniques for Kindergarten Teachers Aisyiyah 7 Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo: Meningkatkan Kemampuan Menggambar melalui Teknik Huruf pada Guru TK Aisyiyah 7 Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 856 - 859. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.261

Abstract

Kemampuan menggambar bagi guru PAUD sangat penting untuk dimiliki, hal ini dikarenakan kegiatan menggambar merupakan salah satu latihan untuk mengembangkan motorik halus anak. Namun berdasarkan observasi di temukan bahwa guru-guru mengalami permasalahan terkait kemampuan menggambar. Seringkali guru merasa gambarnya tidak sesuai dengan objek. Oleh karena itu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar melalui teknik huruf. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Aisyiyah 7 Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menggambar dengan teknik bentuk dasar huruf kapital. Guru dapat menghasilkan berbagai bentuk gambar dari inovasi dan kreatitasnya mengembangkan bentuk dasar menjadi bentuk-bentuk gambar yang dekat dengan anak seperti macam-macam binatang, tumbuhan, dan benda-benda di sekitar.

References

[1] N. F. Agustin, “Tahapan Menggambar Anak Usia Dini,” Ruang Guru PAUD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20180923224326/Tahapan-Menggambar-Anak-Usia-Dini.
[2] Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republikn Indonesia.
[3] S. Watini, “Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak- Kanak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1512–1520, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.899.
[4] A. M. Mappapoleonro, “Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini,” 2019, [Online]. Available: http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/154/122.
[5] P. A. Napitupulu, B. K. Putrawan, and Sutrisno, “Pendampingan Metode Menggambar, Mewarnai, Dan Mengecat Pada Guru Dalam Meningkatkan Motorik Anak di PAUD Kemah Kasih Pademangan Barat, Jakarta Utara,” J. ABDI Media Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, 2021, doi: 0.26740/ja.v6n2.p140-146.
[6] N. Nasution, Y. Yaswinda, and I. Maulana, “Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 230–236, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.311.