Increasing Village Asset Income Through Human Resource Management and Digital Marketing Integrated With Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm)


Peningkatan Pendapatan Aset Desa Melalui Pengaturan Sumber Daya Manusia dan Digital Marketing yang Terintregasi Dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm)


  • (1) * Sriyono            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2)  Fina Rahma Dewi            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (3)  Amalia Dewi Safitri            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (4)  Emah Fauziyah            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (5)  Putri Nur Okvinia            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Pengelolaan aset desa candiwates belum optimal dalam memberikan kontribusi pada pendapatan asli desa. Aset desa yang dimiliki yaitu situs wisata bersejarah Candi Jawi dan program kerja penjualan pasar jajanan ndeso (JANDE) belum memberikan pendapatan yang signifikan. Tujuan penelitian adalah peningkatan pendapatan asli desa melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola aset desa dan pemasaran digital. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan tenik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dukungan warga terhadap pengembangan potensi wisata Candi Jawi melalui program pembelajaran dan festival budaya. Warga dan pengurus BUMDes juga mendukung pembentukan organisasi formal JANDE yang dapat meningkatkan profitabilitas usaha serta melestarikan jajanan tradisional.

References

1] Alhaidari, N., Kabanda , S., & Almukhaylid, M. (2021). The Challenges Of Implementing Social Media Marketing In The Tourism Industry: A Systematic Review. Conference: 19th International Conference e-Society 2021.
[2] Alizah, N., Ibrahim, M., & Adnan, A. A. (2021). PENGARUH MANAJEMEN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI DESA BILA RIASE KECAMATAN PITU RIASE KEBUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Jurnal Ilmiah Administrasi.
[3] Andari , G. A., Sulindawati, N. E., & Atmadja, A. T. (2017). Optimalisasi Pengelolaan Pendapatan Asli Desa Untuk Meningkatkan Pembangunan Perekonomian Desa Pada Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. JImat: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1.
[4] Buratti, N., Parola, F., & Satta, G. (2018). Insight On The Adoption of Social Media Marketing in B2B Services. . The TQM Journal, 30.
[5] Dewi, P. D., Saputra, K. A., & Prayudi, M. A. (2017). optimalisasi pemanfaatan dan profesionalisme pengelolaan aset dalam meningkatkan pendapatan asli desa. Jurnal ilmia akutansi, 2(2), 129-147.
[6] Dodokh, A., & Al Maitah. (2019). Impact of Social Media Usage on Organizational Performance in the Jordanian Dead Sea Cosmetic Sector. European Journal of Business and Management.
[7] Ghosh, C. (2017). A study on - evaluating marketing strategies adopted by home appliance for economic development in India. International Journal of Social Sciences and Humanities,, 1(1).
[8] Ghosh, C., & Mukherjee, S. (2019). An exploratory study on marketing strategies of selected home appliances at kolkata metropolitan. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2).
[9] Hallock, W., Roggeveen, A., & Crittenden, V. (2019). Firm-level perspectives on social media engagement: an exploratory study. Qualitative Market Research: An International Journal, 22.
[10] Hardilawati, W., Binangkit, I., & Perdana, R. (2019). ENDORSEMENT: MEDIA PEMASARAN MASA KINI. Jurnal Ilmiah Universitas Putera Batam.
[11] Hasbi. (2018). Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kertanegara. E-journal Ilmu dministrasi Negara.
[12] Hayyuna, R., Pratiwi, R. N., & Mindarti, L. I. (2014). Strategi Manajemen Aset BUMDES Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Desa (Studi pada BUMDES di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Publik.
[13] Kariati, N., & Teristiyani, N. (2019). MEDIA PEMASARAN DIGITAL LEMBAGA PERKREDITAN DESA ADAT PETANG. Just TI.
[14] lukka, k., & modell, s. (2010). validation in interpretive management accounting resarch . Akutansi Multiparadigma, 35(4), 462-477.
[15] Mangindaan , J. V., & Manossoh, H. (2018). KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PEERINTAHAN DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA YANG BERSUMBER DARI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA DI KECAMATAN TEBUKAN UTARA KAB.KEPULAUAN SANGIHE. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 35-49.
[16] Sugeng, N. W., & Ratnaningtyas, H. (2021). Peran Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. AT-TADBIR Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 135-147.
[17] Moleong, L. j. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung.
[18] Perera, G., Gunatilake, W., & Wanniarachchi, W. (2021). An Interactive E-Commerce Website for the Beauty Industry in Sri Lanka.
[19] K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah.
[20] L. (2013). Menilik Urgensi Desa di Era Otonomi Daerah. Jurnal of Rural and Development.
[21] Saputra, R., Ardhiani, L. N., & Setiadi, A. (2020). Digital Marketing sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Batang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyrakat, 352-356.
[22] Sari, P., & Ummur, S. W. (2019). ANALISIS KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DIDESA POHUWATO KABUPATEN POHUWATO. Accountia Journal.
[23] P. (2019). PERAN SISTEM MANAJEMEN PADA BUMDES DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
[24] Stokinger, E., & Ozuem, W. (2016). The Intersection of Social Media and Customer Retention in the Luxury Beauty Industry.
[25] Taufik, T., Anisma, Y., Yusralaini, & Susilatri. (2019). PELATIHAN MANAJEMEN ASET DESA DI DESA MEREMPAN HULU KECAMATAN SIAK, KABUPATEN SIAK. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 3(2).
[26] Widjaja, Y. R., Alamsyah, d. p., & Roheni, H. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor,Sumedang. Jurnal ABDIMAS BSI JURNAL Pengabdian kepada masyrakat, 1(3), 465-476.
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2022-07-18
 
How to Cite
Sriyono, Dewi, F. R., Safitri, A. D., Fauziyah, E., & Okvinia, P. N. (2022). Increasing Village Asset Income Through Human Resource Management and Digital Marketing Integrated With Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Peningkatan Pendapatan Aset Desa Melalui Pengaturan Sumber Daya Manusia dan Digital Marketing yang Terintregasi Dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm). Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1295-1301. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.293