Vol. 3 (2022): Proceedings of the 1st SENARA 2022
Articles

MSME Performance through Institutional Strengthening during the Covid-19 Pandemic: Kinerja UMKM melalui Penguatan Kelembagaan saat Pandemi Covid-19

Detak Prapanca
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Sriyono
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Sarwenda Biduri
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Published July 17, 2022
Keywords
  • UMKM,
  • kelembagaan,
  • pengelolaan keuangan,
  • Covid-19
How to Cite
Prapanca , D., Sriyono, & Biduri, S. (2022). MSME Performance through Institutional Strengthening during the Covid-19 Pandemic: Kinerja UMKM melalui Penguatan Kelembagaan saat Pandemi Covid-19. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 899 - 902. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.271

Abstract

Semenjak terjadinya wabah covid 19, UMKM menjadi salah satu sub-sektor yang terdampak secara signifikan terutama untuk usaha berskala mikro. Akibat adanya social distancing (jarak sosial) dan Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah berdampak pada kinerja dan pemasaran UMKM yang menyebabkan beberapa UMKM kesulitan untuk bertahan pada usahanya. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yang digunakan untuk sebagai obyek adalah UMKM Desa Telasih Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Terjadinya Covid-19 mengakibatkan penjualan pada UMKM budidaya ikan lele tersebut memiliki penurunan yang signifikan. Sehingga membuat pelaku UMKM menjadi rugi. Selain itu, beberapa permasalahan juga terjadi pada UMKM tersebut. Permasalahan tersebut dimulai dengan tidak terdaftarnya Mitra tersebut di kelembagaan. Hal in menjadikan usaha tersebut tidak legal. Kinerja UMKM juga belum diketahui secara jelas karena tidak memiliki laporan keuangan.Metode pelaksanaan yang pertama dilakukan dengan observasi. Setelah itu melakukan sosialisasi edukasi mengenai kelembagaan, dan pengelolaan keuangan. Guna memberikan gambaran umum mengenai pembuatan kelembagaan, dan pengelolaan keuangan yang umum digunakan dalam UMKM. Melalui Solusi tersebut diharapkan UMKM mampu meningkatkan kinerjanya serta mampu mengatasi danpak dari Pandemi Coid-19.

References

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19. Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2, 1–14
Agustina, Titien, et. al. (2017). MSMEs Challenges in Phenomena of Disruption Era. Journal of Economics and Sustainable Development, 8(21), 116–121
Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembang Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.
Arianto, B. (2015). Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. No 1, 19: 16–39.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76.
Ghotbifar, F., Marjani, M., & Ramazani, A. (2017). Identifying and assessing the factors affecting skill gap in digital marketing in communication industry companies. Independent Journal of Management & Production, 8(1), 1–14.
Guinan, P. J., Parise, S., & Langowitz, N. (2019). Creating an innovative digital project team: Levers to enable digital transformation. Business Horizons, 62(6),717–727.
Jacobson, J., Gruzd, A., & Hernández-García, Á. (2020). Social media marketing: Who is watching the watchers? Journal of Retailing and Consumer Services, 53,
Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.
Leeflang, P. S., Verhoef, P. C., Dahlström, P., & Freundt, T. (2014). Challenges and solutions for marketing in a digital era. European Management Journal, 32(1),1–12.
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016).Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.
Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 163- 171.
Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H. (2019). Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital. Ikra, Ith Ekonomika, 2(2), 29-34. Teknologi.bisnis.com.(2020).
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April), 2–6.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
Purwana E.S., D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1), 1–1