New Product Innovation and Marketing Strategy of Cabbage in Tambakrejo Village

Inovasi Produk Baru dan Strategi Pemasaran Kol di Desa Tambakrejo

  • Binti Nadhifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Putri Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Detak Prapanca Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: UMKM, Inovasi, Potensi, Pemasaran

Abstract

Pengabdian dilakukan pada salah satu UMKM di desa tambakrejo. Metode yang dilakukan adalah metode obervasi  analisis kebutuhan UMKM, branding, dan pemasaran melalui instagram. Temuan kendala yang ditemukan adalah belum tersedianya kualitas olahan kol yang perlu ditingkatkan, kurangnya branding dan kurangnya pemasaran secara E-Commerce. Pengabdian yang dilakukan ini sangat diperlukan oleh UMKM Desa Tambakrejo, dalam rangka peningkatan kualitas produk olahan kol, yang sudah menjadi andalan bagi UMKM tersebut. Inovasi yang dilakukan dengan melakukan pengembangan varian produk seperti crispy kol, rica-rica kol, dan serundeng kol dengan kualitas rasa yang lebih baik. Inovasi yang dilakukan memberikan peningkatan kemampuan bagi masyarakat Desa Tambakrejo. Kegiatan lain yang dilakukan pada pengabdian ini adalah membuat branding yang menarik  untuk meningkatkan minat konsumen. Tidak hanya itu saja kami juga memasarkan lewat sosial media terutama instagram. Dengan adanya media sosial produk tersebut dengan mudah untuk dipasarkan. Berbagai kegiatan yang dilakukan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan menjaga konsistensi kualitas.

References

https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/refrensi/article/view/559/547
http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/24974
https://id.wikipedia.org/wiki/Keong_sawah
https://media.neliti.com/media/publications/87178-ID-pengaruh-kualitas-produk-terhadap-kepuas.pdf
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penjelasan+produk+inovasi+terhadap+minat+konsumen+&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DkONlrn7IX_sJ
Published
2022-07-17
How to Cite
Nadhifah , B., Sari, P. P., & Prapanca , D. (2022). New Product Innovation and Marketing Strategy of Cabbage in Tambakrejo Village: Inovasi Produk Baru dan Strategi Pemasaran Kol di Desa Tambakrejo. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 850 - 854. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.259