Vol. 3 (2022): Proceedings of the 1st SENARA 2022
Articles

PKM Pelatihan Hilirisasi dan Inovasi Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Bagi Guru SD Untuk Mendukung Gerakan Nasional Transformation of Hybrid Learning Education Strategy Towards the Post-Covid 19 Pandemic Era (One Account For Various Act

Feri Tirtoni
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Rugaya
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Ika Ratna Indra Astutik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Published June 29, 2022
Keywords
  • Hybrid Learning,
  • Aplikasi Belajar.id,
  • Interactive class (IC)
How to Cite
Tirtoni, F., Rugaya, & Astutik, I. R. I. (2022). PKM Pelatihan Hilirisasi dan Inovasi Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Bagi Guru SD Untuk Mendukung Gerakan Nasional Transformation of Hybrid Learning Education Strategy Towards the Post-Covid 19 Pandemic Era (One Account For Various Act. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 659-668. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.221

Abstract

Program kemitraan dilaksanakan dengan melibatkan sekolah SD yang melakukan budaya gerakan literasi sekolah dasar. Sebagai Mitra pertama yaitu  SDN Sidomulyo dan sebagai Mitra kedua adalah MI Mathlaul Ulum. Kedua sekolah ini memiliki persamaan yaitu sama-sama SD yang sedang melaksanakan program “sekolah berbudaya Literasi positif gadgetuntuk mengaktifkan budaya membaca dan menulis sejak dini di sekolahnya masing-masing. Kedua sekolah tersebut memiliki alasan tersendiri saat memilih menerima pelatihan program Pembelajaran Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Untuk Mendukung Gerakan Nasional Transformation of Hybrid Learning Education Strategy Towards the Post-Covid 19 Pandemic Era (One Account For Various Activities Learn # Aplikasi Belajar.id), ada sisi positif di sekolah mitra ini salah satunya adalah tersedianya komponen fasilitas pendukung pembelajaran E-Learning. Menurut penelitian yang dilakukan Robbert Henry, kompenen pembelajaran Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) E-Learning adalah pencampuran dua unsur pembelajaran yakni, pembelajaran di kelas (konvensional/clasroom lesson) dengan pembelajaran secara Interaksi online. (2017:03). Sehingga dari pernyataan tersebut program Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Untuk Mendukung Gerakan Nasional Transformation of Hybrid Learning Education Strategy Towards the Post-Covid 19 Pandemic Era (One Account For Various Activities Learn # Aplikasi Belajar.id) ,mampu untuk meningkatkan dan menjadikan peserta didik di sekolah menjadi pribadi yang memiliki karakter berpikir kritis serta responsive. Namun, kedua sekolah tersebut juga memiliki beberapa persamaan, yang dapat di katakan sebagai sebuah masalah, yaitu hampir 87% guru di masing masing sekolah mitra tidak memahami mengenai konsep menyusun Pembelajaran Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Artificial Intelligence platform Indonesia Government E- Learning “Rumah Belajar, sehingga belum ada guru yang berkompetensi untuk menyusun Pembelajaran Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Blanded Learning untuk pada pada kelas atas yaitu kelas 4, 5 dan kelas 6 khususnya yang akan mengikuti Ujian Akhir Nasional Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) online. Padahal Kondisi sarana dan prasarana sekolah yang ada saat ini sangat memungkinkan adanya suatu aktifitas yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan guru dalam mengembangkan sistem pembelajaran inovatif Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Digital Literacy School, hal ini bisa dilihat dari fasilitas pendukung di sana, misalnya sudah optimalnya keberadaan sebuah Laboratorium Komputer sekolah yang sudah dilengkapi dengan jaringan internet, namun hal tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh guru.

Maka Solusi nantinya adalah dengan memberikan Pelatihan Program Pembelajaran Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Untuk Mendukung Gerakan Nasional Transformation of Hybrid Learning Education Strategy Towards the Post- Covid 19 Pandemic Era (One Account For Various Activities Learn # Aplikasi Belajar.id) , Program pelatihan ini nantinya sangat membantu sekali karena seperti yang kita tahu, bahwa ke lima mata pelajaran tersebut didalamnya memiliki banyak konsep yang harus dipahami dan dihafal oleh siswa, dalam hal ini sebisa mungkin lima mata pelajaran tersebut bisa memberikan sebuah pengalaman belajar kepada siswa. Oleh karena itu. Sebuah solusi sudah ditawarkan dan akan dilaksanakan sebagai sebuah solusi konkrit yang dapat dilaksanakan, yang berupa pelatihan dan pendampingan bagi guru sekolah dasar berbudaya literasi tersebut. Maka Rencana luaran dari PKM ini adalah sebuah produk yang berupa sistem Program Pembelajaran Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC).Untuk Mendukung Gerakan Nasional Transformation of Hybrid Learning Education Strategy Towards the Post-Covid 19 Pandemic Era (One Account For Various Activities Learn # Aplikasi Belajar.id) , yang terimplementasi pada pada pada kelas atas yaitu kelas 4, 5 dan kelas 6 khususnya yang akan mengikuti Ujian Akhir Nasional Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) online di SD mitra 1 dan 2, yang didesain kreatif sehingga memberikan sebuah kualitas yang maksimal dan memiliki nilai yang baik dalam segi manfaat dan fungsi sebagai sebuah media pembelajaran Pendidikan inovatife Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) digital untuk membangun budaya literasi sekolah dan “Menjawab Keterampilan Pembelajaran Abad 21 The 21st century learning skills”.

References

C. Asri Budiningsih .2010. Pendekatan Deep Dialogue and Critical Thinking. Jakarta: Universitas Indonesia.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran Blanded Learning Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-face, E-learning Offline-Online dan Mobile Learning. Malang: Prestasi Pustaka Publisher
Jackson, Philip W. 1991. Handbook of Research on Curriculum. New York: MacMilllan Publishing Company
Jurnal Online Lentera pendidikan Setyawan Budi : 2017 dengan judul ”Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Di Era Distrubsi Budaya Dan Gadget”, Volume II Tahun 2016
Mantja, W. 2015. Rumah Baca Virtual Sebagai Bagian Dari Modernisasi Pendidikan. Malang: Elang Mas Media
Miles, M B dan Huberman, A. 2010. Blanded Clasroom di Era Pembelajaran Digital. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Prayitno, Windhie. 2017. Implementasi Blanded Learning dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Yogyakarta: Widyaiswara LPMP D.I Yogyakarta
Raka, I.I.D.G. 2015. Sistem Rumah Belajar: media social Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) pendidikan untuk implementasi smart ELearning, Bandung: Rosdakarya
Raka, I.I.D.G. 2017. Media Pendidikan Untuk Implementasi Smart E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0, Bandung: Rosdakarya
Simarmata, Janner,dkk. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Platform Aplikasi Belajar.id Berbasis Interactive class (IC) Blanded Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi (SNITI)
Suhartono. 2016. Menggagas Pendekatan Blanded Learning di Sekolah Dasar. UPBJJUT Semarang. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII.
Sukoco, Prasetya Citra. 2016. Blanded Learning Dalam Pembelajaran.Malang: Universitas Negeri Malang (Prosiding Seminar Nasion Profesionalisme guru)