Utilization of Plastic Waste as Handicrafts to Increase the Creativity of Kalipecabean Villagers Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Warga Desa Kalipecabean

Main Article Content

Syamsudduha Syahrorini
Rani Syahda Hanifa
Elvira Hazmi Mutiara Jati
M Afan Wahyu P

Abstract

Masalah limbah merupakan masalah yang tidak akan habis. Limbah sebagai hasil dari kegiatan manusia sehari-hari. Semakin tinggi tingkat populasi manusia maka limbah yang dihasilkan semakin meningkat. Limbah bisa menjadi masalah serius dalam kehidupan karena limbah dianggap kotor, bau, sulit terurai dengan tanah hingga menyebabkan banjir dan bencana lainnya.  Limbah menjadi masalah bersama dan hendaknya ada upaya dalam menanggulangi dampak dari limbah ini. Adapun Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam upaya melestarikan lingkungan hidup khususnya limbah plastik menjadi sebuah karya yang menarik. Metode yang dipakai dalam pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi terkait bahaya limbah plastik, pendampingan secara berkelompok, perencanaan, pelatihan adapun juga monitoring. Terdapat jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari ibu-ibu kader PKK desa kalipecabean. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa ibu-ibu Kader PKK Desa Kalipecabean mempunyai semangat serta kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan keterampilan dalam pembuatan bunga hias dari sampah plastik.

Article Details

How to Cite
Syahrorini, S., Hanifa, R. S., Jati, E. H. M., & P, M. A. W. (2022). Utilization of Plastic Waste as Handicrafts to Increase the Creativity of Kalipecabean Villagers: Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Warga Desa Kalipecabean. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 983 - 988. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.292
Section
Articles

References

[1] Y. U. Mohammad Arridho Nur Amin, Dewi Indriasih, “PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK MENJADI KERAJINANTANGAN BAGI IBU-IBU PKK DESA MEJASEM BARAT, KECAMATAN KERAMAT, KABUPATEN TEGAL,” J. Pengabdi. Masy. Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 35–41, 2022.
[2] S. Nurhasanah, R. Listyandini, F. Ilmu, K. Universitas, I. Khaldun, and S. Anorganik, “PELATIHAN PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK MENJADI KERAJINAN TANGAN BERNILAI EKONOMIS SEBAGAI IMPLEMENTASI PENGENDALIAN SAMPAH BAGI MASYARAKAT,” J. Progr. Mhs. Kreat., vol. 6, no. 1, 2022.