Self-Development Training and Social Media Content as a Place for Youth Creativity Aspirations in Balongdowo Village


Pelatihan Pengembangan Diri (Self Development) dan Konten Sosial Media sebagai Wadah Aspirasi Kreativitas Pemuda Desa Balongdowo


  • (1) * Syamsudduha Syahrorini            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2)  Aulia Risa Eksanti Eksanti            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (3)  Tahsyah Nabila Putri Agradewi             Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (4)  Rina Regita Rahma            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Pemanfaatan dan penggunaan gadget dalam media sosial untuk meningkatkan kreativitas pemuda masih tergolong rendah. Pemuda di desa cenderung bertindak sebagai penikmat konten media sosial., saat ini perkembangan konten media sosial sangat cepat dan dijadikan salah satu sumber penghasilan bagi pembuat konten media sosial. Setiap desa memiliki potensi untuk dijadikan konten di media sosial, demikian halnya di Desa Balongdowo yang berada di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sebagian besar pemuda Desa Balongdowo hanya sebagai penikmat konten-konten di media sosial. Kondisi pemuda di Desa Balongdowo kurang menyadari manfaat media sosial sebagai salah satu wadah menyalurkan kreativitas yang dapat menghasilkan penghasilan. Desa Balongdowo memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan konten media sosial misalnya, pengolahan kupang, tradisi nyadran dan kegiatan ekonomi di desa Balongdowo. Dengan kondisi pemuda dan potensi yang dimiliki Desa Balongdowo Tim KKN-P Umsida Desa Balondowo berinisitaif membuat “ Pelatihan Pengembangan Diri (Self Development) Dan Konten Sosial Media Sebagai Wadah Aspirasi Kreativitas Pemuda Desa Balongdowo” dengan sasaran program yaitu Pemuda Desa Balongdowo. Melalui pelatihan ini diharapkan Pemuda Desa Balongdowo mendapatkan pengetahuan umum mengenai pemanfaatan media sosial sebagai wadah menyelurkan kreativitas serta dapat memberikan penghasilan ang dapat meningkatkan pengetahuan Pemuda Desa Balongdowo dalam membuat konten media sosial. Kegiatan ini dihadiri oleh 45 orang yang terdiri atas  aparat Desa Balongdowo, Karang Taruna Desa Balongdowo, Ketua RW dan RT Desa Balongdowo dan Pemuda Desa Balongdowo. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapakan Pemuda Desa Balongdowo dapat berfikir kreatif dan inovatif yang dikembangkan dalam bentuk pembuatan konten media sosial sebagai wadah keativitas pemuda

References

[1] Journal article: Nabila, D. Elvaretta, O. Zahira, G. Syarief, M.A.D.Y. (Eds). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Malang:Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang. 2020.
[2] Journal article: Sibarani J.P Alexander. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Kreatif Dalam Membangun Usaha di Desa Padamukti, Solokan Jeruk, Jawa Barat, IKRAITH-ABDIMAS, 4(1), 85-88. 2021.
[3] Journal article: Sundawa Y.A & Trigartanti W. Fenomena Content Creator di Era Digital. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung. 2019.
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2022-07-18
 
How to Cite
Syahrorini, S., Eksanti, A. R. E., Agradewi , T. N. P., & Rahma, R. R. (2022). Self-Development Training and Social Media Content as a Place for Youth Creativity Aspirations in Balongdowo Village: Pelatihan Pengembangan Diri (Self Development) dan Konten Sosial Media sebagai Wadah Aspirasi Kreativitas Pemuda Desa Balongdowo. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1341-1345. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.319