Bumdes Development Through "Digital Marketing Resto Seba" To Realize Sapta Pesona Village

Pengembangan Bumdes Melalui “Digital Marketing Resto Seba” Untuk Mewujudkan Desa Sapta Pesona

  • Nyoman Suwarta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Puspita Handayani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Muhammad Noor Irfansyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Maulydia Briegga Taniatara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Eva Roesmadayanti Putri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Jasinta Kartika Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Bumdes, Pengembangan, media sosial

Abstract

BUMDES yang terdapat di Desa Penatarsewu merupakan sebuah Resto Apung yang berdiri di atas sebuah Kolam Pemancingan yang cukup luas bernama RESTO APUNG SEBA, didirikan pada tahun 2019 dengan adanya kemitraan dengan PT. PERTAMINA GAS, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga r Desa Penatarsewu. Seiring berjalannya waktu, eksistensi resto ini mulai meredup ditambah dengan situasi Pandemi yang terjadi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara meningkatkan penjualan Resto Seba dan mengetahui apakah media yang tepat untuk meningkatkan penjualan Resto Seba. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan partisipatoris. Tim peneliti pengabdian masyarakat KKN-P mencoba sebuah inovasi re – branding menggunakan teknologi yang berkembang berupa media sosial, dan diharapkan dapat bermanfaat untuk perekonomian masyarakat desa sekitar. Media Sosial berupa Instagram dan Tiktok dipilih karena memiliki dampak penyebaran informasi tercepat dan terluas daripada media sosial lain yang beredar di Indonesia dan memiliki cara penggunaan paling mudah dan sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwasa dengan media sosial berupa Instagram dan Tiktok dapat memberikan peluang bagi RESTO APUNG SEBA untuk meningkatkan omzet penjualan.

References

1. (2) Dasar dan Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) | nur sheva - Academia.edu [Internet]. [cited 2022 Mar 20]. Available from: https://www.academia.edu/25520881/Dasar_dan_Tujuan_Pelaksanaan_Kegiatan_Kuliah_Kerja_Nyata_KKN_
2. Program Kuliah Kerja Nyata [Internet]. [cited 2022 Mar 20]. Available from: https://www.iik.ac.id/pp2m/home/index.php?opt=kkn_program
3. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas [Internet]. [cited 2022 Mar 20]. Available from: https://id.wikipedia.org/wiki/Anggaran_Pendapatan_dan_Belanja_Desa
4. Kushartono EW. PENGEMBANGAN DESA MANDIRI MELALUI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA ( BUMDes ) Fitrie Arianti Universitas Diponegoro Semarang.
5. www.academia.edu. Dasar_dan_Tujuan_Pelaksanaan_Kegiatan_Ku (1). 2022. p. 36.
6. sidoarjokab.go.id. Geografis. sidoarjokab.go.id. 2022.
7. www.iik.ac.id. Kuliah Kerja Nyata. www.iik.ac.id. 2022.
8. Bondy B, Klages U, Müller-Spahn F, Hock C. Cytosolic free [Ca2+] in mononuclear blood cells from demented patients and healthy controls. Eur Arch Psychiatry Clin Neurosci. 1994;243(5):224–8.
9. Yadav M, Joshi Y, Rahman Z. Mobile Social Media: The New Hybrid Element of Digital Marketing Communications. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 2015 May [cited 2022 Mar 21];189:335–43. Available from: www.sciencedirect.com
10. Topalović S. The Implementation of Total Quality Management in Order to Improve Production Performance and Enhancing the Level of Customer Satisfaction. Procedia Technol. 2015;19:1016–22.
11. Creswell JW. Research Design: Qualitative Quantitative And Mixed Methods Approaches [Internet]. third. Knight V, editor. California: SAGE Publications, Inc; 2009. 270 p. Available from: https://www.ucg.ac.me/skladiste/blog_609332/objava_105202/fajlovi/Creswell.pdf
12. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D [Internet]. 19th ed. Sugiyono, editor. Bandung: Alfabeta,; 2013. 346 p. Available from: file:///C:/Users/Barkom/Downloads/Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD by Prof. Dr. Sugiyono (tuturilmu.com).pdf
Published
2022-07-18
How to Cite
Suwarta, N., Handayani, P., Irfansyah, M. N., Taniatara , M. B., Putri , E. R., & Sari , J. K. (2022). Bumdes Development Through "Digital Marketing Resto Seba" To Realize Sapta Pesona Village: Pengembangan Bumdes Melalui “Digital Marketing Resto Seba” Untuk Mewujudkan Desa Sapta Pesona. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1210-1217. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.260